Selasa, 03 Mei 2011

Paragraf Narasi

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Manusia adalah makhluk sosial. Dalam menjalani kehidupannya manusia emerlukan atau membutuhkan manusia lain untuk berinteraksi ataupun untuk saling membantu. Untuk melakukan interaksi dengan manusia lain diperlukan sebuah alat komunikasi. Supaya komunikasi dapat dipahami, maka diciptakanlah suatu alat komunikasi yaitu bahasa. Dengan adanya bahasa inilah manusia dapat mengemukakan pendapat, fikiran, perasaan, dan kemampuannya kepada orang lain. Selain sebagai alat komunikasi, bahasa juga sebagai alat untuk mendapatkan informasi yaitu dengan cara membaca. Karena membaca adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Degan membaca kita dapat menyerap informsi yang ada. Selanjutnya untuk mengingat informasi yang kita dapat, maka kita perlu menulis informasi tersebut.
Bahasa sebagai alat komunikasi bagi manusia baik secara lisan maupun secara tertulis. Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari–hari. Untuk mengungkapkan rasa marah misalnya, manusia bisa menggunakan bahasa lisan atau menunjukkan sikap dan tingkah laku tertentu. Selain itu, untuk menjelaskan sesuatu kepada orang lain dapat digunakan bahasa tulis agar mudah dipahami maksudnya. Dalam perkembangannya,bahasa Indonesia menyerap unsur dari berbagai bahasa lain, baik dari bahasa daerah maupun bahasa Arab, Belanda, Inggris dan bahasa asing lainnya. Selain itu, bahasa Indonesia juga sebagai alat komunikasi antar suku, kelompok budaya, daerah, dan lain sebagainya.

BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Narasi
Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian. Dalam karangan atau paragraf narasi terdapat alur cerita, tokoh, setting, dan konflik. Paragraf naratif tidak memiliki kalimat utama.
Perhatikan contoh berikut!
Kemudian mobil meluncur kembali, Nyonya Marta tampak bersandar lesu. Tangannya dibalut dan terikat ke leher. Mobil berhenti di depan rumah. Lalu bawahan suaminya beserta istri-istri mereka pada keluar rumah menyongsong. Tuan Hasan memapah istrinya yang sakit. Sementara bawahan Tuan Hasan saling berlomba menyambut kedatangan Nyonya Marta
Paragraf naratif disusun dengan merangkaikan peristiwa-peristiwa yang berurutan atau secara kronologis. Tujuannya, pembaca diharapkan seolah-olah mengalami sendiri peristiwa yang diceritakan.
Contoh : novel, cerpen, drama
Paragraf narasi dibedakan atas dua jenis, yaitu narasi ekspositoris dan narasi sugestif. Paragraf narasi ekspositoris berisikan rangkaian perbuatan yang disampaikan secara informatif sehingga pembaca mengetahui peristiwa tersebut secara tepat.
Siang itu, Sabtu pekan lalu, Ramin bermain bagus. Mula-mula ia menyodorkan sebuah kontramelodi yang hebat, lalu bergantian dengan klarinet, meniupkan garis melodi utamanya. Ramin dan tujuh kawannya berbaris seperti serdadu masuk ke tangsi, mengiringi Ahmad, mempelai pria yang akan menyunting Mulyati, gadis yang rumahnya di Perumahan Kampung Meruyung. Mereka membawakan lagu “Mars Jalan” yang dirasa tepat untuk mengantar Ahmad, sang pengantin.

B. Ciri-ciri Karang Narasi
Menonjolkan unsur perbuatan atau tindakan.
Dirangkai dalam urutan waktu.
Berusaha menjawab pertanyaan, apa yang terjadi?
Ada konfiks.
Secara Umum
1. Adanya unsur perbuatan atau tindakan.
2. Adanya unsur rangkaian waktu dan informatif.
3. Adanya sudut pandang penulis.
4. Menggunakan urutan waktu dan tempat yang berhubungan secara kausalitas.
5. Terdapat unsur tokoh yang digambarkan dengan memiliki karakter atau perwatakan yang jelas.
6. Terdapat latar tempat, waktu, dan suasana.
7. Mempunyai alur atau plot.


a. Narasi Ekspositoris/Non Fiktif
1. Memperluas pengetahuan
2.
Menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian.
3. Didasarkan pada penalaran untuk mencapai kesepakatan rasional
4. Bahasanya lebih condong ke bahasa informatif dengan titik berat pada penggunaan kata-kata denotatif.
b. Narasi Sugestif/Fiktif
1. Menyampaikan suatu makna atau suatu amanat yang tersirat.
2. Menimbulkan daya khayal.
3. Penalaran hanya berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan makna, sehingga penalaran dapat dilanggar.
4. Bahasanya lebih condong ke bahasa figuratif dengan menitikberatkan penggunaan kata-kata konotatif.
5. Banyak menggunakan majas/gaya bahasa.

C. Jenis Karangan Narasi
1. Narasi Ekspositorik (Narasi Teknis)
Narasi Ekspositorik adalah narasi yang memiliki sasaran penyampaian informasi secara tepat tentang suatu peristiwa dengan tujuan memperluas pengetahuan orang tentang kisah seseorang. Dalam narasi ekspositorik, penulis menceritakan suatu peristiwa berdasarkan data yang sebenarnya. Pelaku yang ditonjolkan biasanya satu orang. Pelaku diceritakan mulai dari kecil sampai saat ini sampai terakhir dalam kehidupannya. Karangan narasi ini diwarnai oleh eksposisi, maka ketentuan eksposisi juga berlaku pada penulisan narasi ekspositprik. Ketentuan ini berkaitan dengan penggunaan bahasa yang logis, berdasarkan fakta yang ada, tidak memasukan unsursugestif atau bersifat objektif.

2. Narasi Sugestif
Narasi sugestif adalah narasi yang berusaha untuk memberikan suatu maksud tertentu, menyampaikan suatu amanat terselubung kepada para pembaca atau pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat.

D. Langkah-langkah Menyusun Narasi
1. Tentukan dulu tema dan amanat yang akan disampaikan.
2. Tetapkan sasaran pembaca kita
3. Rancang peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur.
4. Bagi peristiwa utama itu ke dalam bagian awal, perkembangan, dan akhir cerita.
5. Rincian peristia-peristiwa uatama ke dalam detail-detail peristiwa sebagai pendukung cerita.
6. Susun tokoh dan perwatakan, latar, dan sudut pandang.

E. Contoh Karangan Narasi

1. narasi berisi fakta:
Ir. Soekarno Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama adalah seorang nasionalis. Beliau memimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno menghabiskan waktunya di penjara dan di tempat pengasingan karena keberaniannya menentang penjajah.
Soekarno mengucapkan pidato tentang dasar-dasar Indonesia merdeka yang dinamakan Pancasila pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945.
Soekarno bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke Yogya dan dipulihkan kedudukannya sebagai Presiden RI pada tahun 1949.
Jiwa kepemimpinan dan perjuangannya tidak pernah pupus. Soekarno bersama pemimpin-pemimpin negara lainnya menjadi juru bicara bagi negara-negara nonblok pada Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955. Hampir seluruh perjalanan hidupnya dihabiskan untuk berbakti dan berjuang.
2. narasi fiksi:
Aku tersenyum sambil mengayunkan langkah. Angin dingin yang menerpa, membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket, mencoba memerangi rasa dingin yang terasa begitu menyiksa.
Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku ketika Eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak akan kurindui ketika aku telah kembali ke tanah air. Tapi wajah ayu di hadapanku, akankah kurindui juga?
Ada yang berdegup keras di dalam dada, namun kuusahakan untuk menepiskannya. Jangan, Bowo, sergah 
hati kecilku, jangan biarkan hatimu terbagi. Ingatlah Ratri, dia tengah menunggu kepulanganmu dengan segenap cintanya.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Paragraf yang akan kita tulis bakal jelas dan enak dibaca kalau kita mengikuti petunjuk rangkuman berikut ini. Pertama, ingatlah bahwa dalam menulis paragraf kita harus membuat inden atau memulai dengan menjorokkan ke dalam- dan bahwa inden paragraf hanya satu. Kedua, mesti selalu diingat bahwa paragraf tidak boleh terlalu pendek atau terlalu panjang. Idealnya, sebuah paragraf terdiri atas delapan hingga dua belas kalimat. Ketiga, dan yang paling penting, paragraf kita mesti ditata dan dikembangkan dengan cermat. Paragraf hanya terdiri atas satu ide utama atau pikiran pokok. Paragraf harus merupakan satu kesatuan, runtut, dan nyambung. Paragraf mesti dikembangkan dengan baik. Kalau kita mengikuti pedoman ini, niscaya paragraf kita akan jadi bagus.

1 komentar: